Pages

Subscribe:

Labels

Diet hamster yang seimbang

Diet yang seimbang menyediakan semua bahan yang diperlukan untuk menjaga hamster tetap dalam keadaan sehat. Beberapa makanan memeMukan tambahan dan makanan lain sehingga tubuh bisa memanfaatkan makanan-makanan itu secara efektif.


Bahan pokok untuk diet seimbang adalah:
1. Protein
2. Kaibohidrat & Lemak
3. Vitamin
4. Mineral
5. Air Putih

Penjelasan:
1. Protein
Sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan terutama sangat penting bagi hamster yang sedang mengandung dan anak-anak hamster. Sumber protein yang baik adalah barleys (semacam gandum yang dipakai untuk bir). kacang-kacangan, jagung. buncis, gandum & kacang polong.

2. Karbohldrat & Lemak
Menyediakan energi dan panas tubuh, tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan akan disimpan di tubuh sebagai lemak yang dapat mengakibatkan kegemukan, yang akan menyebabkan masalah untuk perkembangbiakan dan masalah kesehatan. Sumber karbohidrat antara lain : gula. ragi, kentang dan susu. Sumber karbohidrat yang juga merupakan sumber lemak antara lain : barleys (semacam gandum yang dipakai untuk bir). jagung. dan gandum.

3. Vitamin
Hanya sedikit vitamin yang dibutuhkan tetapi mereka sangat dibutuhkan agar hamster anda tetap sehat. Kekurangan vitamin dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan.

- Vitamin A
Sumber : Wortel, dandelions (semacam rumput yg bunga kuning), sayuran hijau & hay.
Akibat jika kekurangan: Diare, pertumbuhan yang lambat.

- Vitamin B
Sumber: Bakteri, gandum, lagi, daging & hati.
Akibat jika kekurangan: Diare, pertumbuhan yang lambat.
Vitamin B berpengaruh ke system syaraf & pemberian secara teratur dapat mengobati stress secara efektif. Salah satu penyebab utama banyak penyakit, terutama wet tail.

- Vitamin C
Sumber: Sayuran & buah-buahan segar.
Akibat jika kekurangan: Penyakit kulit (kudis) & tubuh yang membengkak.

- Vitamin D
Sumber: Minyak ikan, bakteri gandum & sayuran hijau.
Akibat jika kekurangan: Rakhitis.

- Vitamin E
Sumber: Bakteri, gandum & sayuran hijau.
Akibat jika kekurangan: Bulu menjadi kusan & sistem reproduksi yang buruk.

4. Mineral
Mineral juga hanya dibutuhkan dengan jumlah yang sedikit. Sumber mineral antara lain: Susu, sayuran & biji padi.

5. Air Putlh
Sebaiknya diletakkan di dalam botol air hamster dibanding diletakkan di wadah karena air di dalam wadah dapat dengan mudah ditumpahkan.

Diet Yang Sehat = Hamster Yang Sehat

Hamster akan memakan apa saja yang disuguhkan kepada mereka. Dan mereka akan tetap memilih gaya hidup. naluri. metabolisme dan kebutuhkan nutrisi sama dengan pendahulu mereka. Karena hamster liar tinggal di daerah padang pasir, maka bahan pokok diet mereka (di alam) terdiri dari biji padi yang ditemukan di tanah lapang terdekat, sayuran tersedia di kebun/sawah petani lokal, serangga & rumput liar. Hamster yang dipelihara juga akan berkembang dengan memiLiki kebutuhan diet yang sama dengan rekan liar mereka.

Ketika semua kebutuhan dasar nutrisi telah disediakan setiap hari, hamster akan memilih biji-bijian mana saja yang dia butuhkan untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Jika anda perhatikan maka anda akan menyadari kalau sisa biji-bi|ian yang terdapat di wadah makan sedap harinya akan berubah-ubah (hal ini akan teilihat lebih jelas pada hamster betina yang sedang mengandung atau menyusui). Hamster menyukai treat (makanan selingan) secara berkala seperti hewan kebanyakan; tetapi treat yang diberikan harus dipilih. Pilih treat yang menyediakan nutrisi tambahan bagi kebutuhan diet mereka seperti sayuran dan buah-buahan segar.

0 comments:

Posting Komentar