Pages

Subscribe:

Labels

Pengertian Kurikulum

Kurikulum adalah "kursus untuk balap." Sangat sesuai dengan cara di mana pendidik melihat kurikulum di sekolah-sekolah.

Komponen Kurikulum :
The Four Curricula of Schools
•    Official curriculum    : kurikulum resmi yang sudah di tetapkan oleh pemerintah, dan guru harus bisa mengajarkan semuanya kepada siswa.
•    Taught curriculum     : pendidik di tuntut bisa mengajar dengan pengalamannya.
•    Learned curriculum    : mengungkapkan tentang isi pembelajaran, siswa juga belajarpelajaran yang tidak ditentukan banyak tertanam di lingkungan kelas.
•    Tested curriculum    : bagian terbatas dari apa yang dimaksudkan oleh para pembuatkebijakan, diajarkan oleh guru, dan dipelajari oleh siswa.

Explicit and Implicit Curricula
•    Explicit    : Pendidikan teori Elliot Eisner menunjukkan kurikulum eksplisit, mirip dengan official  kurikulum dan taught kurikulum, merupakan bagian kecil dari apa yang sekolah benar-benar mengajarkan.
•    Implicit    : kurikulum implisit adalah apa yang diajarkan karena sekolah. Dan sekolah adalah jenis tempat berbagai alat pendekatan untuk mengajar .Karakteristik ini merupakan beberapa komponen yang dominan dari kurikulum implisit sekolah.Hal ini  diakuioleh orang tua, siswa, dan guru. karena mereka adalah fitur yang menonjol di sekolah, apa yang mereka ajarkan mungkin merupakan pelajaran paling penting anak belajar .
The Null Curriculum
"Ini adalah tesis saya bahwa apa sekolah tidak mengajarkan mungkin sama pentingnyaseperti apa yang mereka ajarkan Ketidaktahuan bukan hanya kekosongan netral;. Ia memiliki efek penting pada jenis pilihan seseorang dapat dipertimbangkan, alternatifyang satu dapat memeriksa , dan perspektif dari mana orang dapat melihat situasi atau masalah. tidak adanya seperangkat pertimbangan atau perspektif atau ketidakmampuan untuk menggunakan proses tertentu untuk menilai sebuah bias konteks bukti seseorang dapat mempertimbangkan. sebuah perspektif paroki atau sederhana analisis adalahketurunan tak terelakkan dari kebodohan. "
~ Elliot Eisner

0 comments:

Posting Komentar